Prof. Dr. Muhammad Hasan Hitou

Mengenal Lebih Dekat Dr. Muhammad Hasan Hitou

 

Sosok ulama dalam arti yang sesungguhnya, bergelimang dengan karya tulis ilmiyah, muridnya tersebar dimana-mana, menjadi ketua Halal Control di Jerman, menjadi guru besara di Universitas Kuwait dan mendirikan Universitas Al-Imam Asy-syafi'i di Cianjur Jawa Barat.
Rabu, 2 Nopember 2016 yang lalu Rumah Fiqih Indonesia (RFI) mendapat kesampatan berharga diterima oleh Dr. Muhammad Hasan Hitou di Universitas Al-Imam Asy-Syafi'i Cianjur.
Pertemuan dengan beliau berlangsung akrab dan segar, di tengah sejuknya udara pegunungan Cianjur Jawa Barat. Beliau banyak menceritakan tentang pemikiran dan ilmunya, serta berbagai informasi seputar kampus yang didirikannya sejak tahun 2010.
Berikut adalah data pribadi yang beliau kirimkan via email :
Data pribadi
Nama lengkap : Muhammada Hasan Heto
Tanggal lahir : 10 Oktober 1943 M/11 Syawal 1362 H
Kebangsaan saat ini : Suriah
Kebangsaan sebelumnya : Suriah
Tempat lahir : Damaskus
Alamat di kuwait : Al-‘adan blok 8, jalan 22, no : 45
Telepon : 5422058
Alamat di Jerman : Haus Silberwald, An Der B45, Gross Um-Stadt 64832, Germany
Telepon : +49614230119870
Alamat email : dr.hassanhitou@icloud.com
Kualifikasi Akademi
Pendidikan tertinggi : Ph.D/Doktoral
Spesialis umum : Fikih (jurisudensi) dan Ushul Fikih
Sepesialis khusus : Ushul fikih
Universitas : Al-Azhar, fakultas syari’ah, dari tahun 1963 sampai 1973
Tahun akademik : 8/3/1973
Judul tesis : Al-Imam Asy-Syairozi : hayatuhu wa ushuluhu ma’a asy-syarhi likitabihi (At-tabshiroh fii ushul al-fiqh)
Bahasa yang dikuasai : 1. Bahasa arab 2. Bahasa inggris 3. Bahasa jerman
Pengalaman Mengajar
  1. Dosen fakultas syari’ah di universitas Kuwait, tahun 1981-1995
  2. Dosen fakultas hukum di universitas Kuwait, tahun 1979-1981
  3. Dosen institut pendidikan guru (fakultas pendidikan dasar), tahun 1975-1979
  4. Dosen di berbagai fakultas dan institut keilmuan, (sekarang universitas Muhammad bin Su’ud)
  5. Pendiri dan direktur pusat internasional ilmu-ilmu ke-Islaman di Jerman, tahun 1989-2016
  6. Direktur syari’ah di yayasan halal control di Jerman
  7. Pendiri dan direktur STAI al-imam Asy-Syafi’i di Indonesia
Karya Ilmiyah
  1. Al-hadits al-mursal hujiyyatuhu wa atsaruhu fii al-fiqhi al-islami merupakan pembahasan tentang hadits dalam ilmu ushul fiqh, terdiri dari 120 halaman, terbitan pertama tahun 1970 oleh Dar al-fikr Damaskus, terbitan kedua tahun 1988 oleh Dar al-basyair Beirut.
  2. Al-wajiz fii ushul at-tasyri, merupakan sebuah kitab ushul fiqh, terdiri dari 600 halaman, telah dicetak beberapa kali oleh yayasan Ar-risalah di Damaskus, kitab ini juga merupakan buku panduan di beberapa fakultas universitas Islam.
  3. Al-khulashoh fii ushul al-fiqh, sebuah buku ringkasan ushul fiqh bagi para pemula dan menengah, telah dicetak oleh dar ad-dhiya di Kuwait tahun 2005
  4. Kasyfu as-satr ‘an saniyyati al-qunut fii sholati al-fajr, merupakan pembahasan tentang perselisihan ulama dalam masalah qunut subuh, dan penjelasan bahwa qunut ada dalam sholat subuh, yang mana itu merupakan pendapat empat khulafa ar-rosyidin, mayoritas sahabat, tabi’in dan ulama, juga menjelaskan beberapa masalah penting terkait qunut subuh dan hukum-hukumnya.
  5. Al-imam Abu ishaq Asy-syairozi (hayatuhu wa ushuluhu), merupakan pembahasan ushul dan sejarah, yang mengangkat kehidupan al-imam Abu ishaq asy-syairozi dan kedudukan ilmiahnya dalam fikih imam Syafi’i, fikih khilafiy, ushul fiqh dan ilmu debat. Juga dibahas di dalamnya pembahasan khusus tentang ushul fiqhnya imam Asy-syairozi dalam kitab-kitab beliau yaitu Al-luma’, at-tabshiroh dan syarhu al-luma’ yang merupakan muqodimah kitab at-tabshiroh. Terdiri dari 300 halaman, telah dicetak oleh dar al-fikr Damaskus tahun 1980.
  6. At-tabshiroh fii ushul al-fiqh, merupakan kitab khilafiyah ushul fikih milik al-imam Asy-syairozi (476 H) yang telah disyarah oleh syekh Hasan heto, ditahqiq dan ditakhrij hadits-haditsnya, terdiri dari 600 halaman. Dicetak pertama kali oleh dar al-fikr Damaskus tahun 1983.
  7. Al-mankhul fii ta’liqot al-ushul merupakan salah satu kitab terpenting tentang ushul fikih yang ditulis oleh imam Al-ghozali (505 H), berupa ringkasan kitab al-burhan karya guru beliau yaitu imam al-haromain al-juwaini. Syekh Hasan heto telah mengupas kitab ini secara ilmiah dan panjang lebar, beliau juga melakukan tahqiq, ta’liq dan takhrij hadits-hadits dalam kitab ini, terdiri dari 600 halaman. Dicetak pertama kali oleh dar al-fikr Damaskus tahun 1973.
  8. At-tamhid fii takhrij al-furu’ ‘ala al-ushul, yaitu sebuah kitab yang membahas tentang pengaruh-pengaruh qowa’id ushuliyah terhadap al-furu’ al-fiqhiyah, syekh Hasan Heto telah melakukan tahqiq, ta’liq, takhrij hadits dan pembahasan ilmiah terhadap kitab ini dan penulisnya, yaitu al-imam al-isnawi (771 H) terdiri dari 600 halaman. Telah dicetak beberapa kali, pertama kali oleh yayasan ar-risalah Damaskus tahun 1973.
  9. Al-qowathi’ fii ushul al-fiqh merupakan kitab ushul fikih yang paling bermanfaat, seperti yang dikatakan oleh ibnu as-subki. Syekh Hasan Heto telah melakukan kajian ilmiah terhadap kitab ini, termasuk tahqiq muqodimahnya dan menerbitkannya pada majalah ma’had al-makhthuthot al-arobiyah di universitas ad-dual al-arobiyah Kuwait, tahun 1983. Kemudian syekh melakukan tahqiq kitab ini seluruhnya dan menerbitkan volume pertamanya di yayasan ar-risalah Damaskus.
  10. Al-ushul wa adh-dhowabith merupakan makalah sederhana tentang urgensi kitab al-qowa’id wa adh-dhowabith al-fiqhiyah milik imam an-Nawawi (676 H). Syekh Hasan telah melakukan kajian terhadap kitab ini, beserta tahqiq dan ta’liq yang sesuai dengan tujuan dari kitab ini. Makalah ini diterbitkan pertama kali di majalah ma’had al-makhthuthot al-arobiyah, cetakan ketika pada tahun 1984. Kemudian diterbitkan lagi oleh dar al-basyair Beirut tahun 1986.
  11. Al-ijtihad wa anwa’ al-mujtahidin merupakan penjelasan dasar tentang macam-macam mujtahid, tingkatan-tingkatannya dan syarat-syarat ijtihad. Diterbitkan di majalah fakultas syariah universitas Kuwait tahun 1985.
  12. Thobaqot mujtahid asy-syafi’iyah merupakan pembahasan fikih dan sejarah, tertuis di dalamnya biografi-biografi ulama syafi’iyah yang telah sampai pada tingkatan mujtahid, ditulis juga tentang sebagian ulama yang punya pendapat tersendiri dalam madzhab atau syadz dari para mujtahidin lain. Kitab ini merupakan kitab pertama yang yang membahas permasalahan ini dalam madzhab. Pertama kali dicetak oleh yayasan ar-risalah Damaskus tahun 1988, sekarang syekh Hasan telah menambahakan beberapa biografi mujtahid syafi’iyah lainnya beserta penjelasan furu’ fiqhiyah menurut ashab syafi’i dalam jumlah besar dan beberapa penjelasan yang syekh Hasan tulis dalam ensiklopedia fikih miliknya yang insya Allah akan dicetak ulang. Beliau juga menjadikan kitab al-ijtihad wa anwa’ al-mujtahidin sebagai muqodimah dari ensiklopedia fikih miliknya.
  13. Fiqh ash-shiyam merupakan pembahasan ringkas khusus dalam masalah shiyam atau puasa dalam madzhab asy-syafi’iyah dan madzhab lainnya. Terdiri dari 120 halaman dan telah diterbitkan oleh dar al-basyair Beirut tahun 1988.
  14. Al-imta’ fii ahkam ar-rodho’ merupakan pembahasan ringkas khusus dalam masalah rodho’/persusuan dalam madzhab asy-syafi’iyah dan madzhab lainnya. Terdiri dari 120 halaman dan telah diterbitkan oleh dar al-basyair Beirut.
  15. Al-mu’jizah al-qur’aniyah berisi pembahasan tentang mukjizat ghoib dan mukjizat sains dalam al-Qur’an al-karim beserta muqodimah umum seputar mukjizat dan ketinggian bahasa al-Qur’an. Terdiri dari 250 halaman, diterbitkan pertama kali oleh yayasan ar-risalah Damaskus tahun 1988.
  16. Al-mutafaqqihun merupakan pembahasan tentang sastra fikih, menjelaskan seputar kontradiksi atau benturan fikih yang terjadi dalam realita kehidupan fikih islamiyah kontemporer di kalangan orang-orang yang beragama dengan kebodohan. Syekh Hasan telah mendeskripsikan berbagai fenomena yang timbul akibat kebodohan pada akal yang anti dengan ilmu, ulama dan fatwa. Terdiri dari 200 halaman, telah diterbitkan oleh Dar al-basyair Beirut.
  17. Al-‘aqlu wa al-ghoibu membahas tema iman kepada hal-hal ghoib, kedudukan akal dan pengaruhnya dalam hal itu, menurut pandangan orang-orang beriman dan orang-orang atheis. Terdiri dari 100 halaman, diterbitkan oleh Dar al-basyair Beirut .
  18. Ad-din wa al-‘ilm berisi penjelasan ilmiah dan diskusi tentang sebab-sebab atheisme berdasarkan logika modern dan bantahannya. Terdiri dari 150 halaman, diterbitkan oleh Dar al-ghonaim tahun 1983.
  19. Mandhumah fii tarikh mushthoah al-hadits berisi qosidah-qosidh sya’ir tentang sejarah penulisan mustholah al-hadits, mulai dari perkembangannya sampai menjadi sebuah ilmu baru.
  20. Mandhumah fii ruwwat al-muwatho berisi qosidah-qosidah sya’ir tentang para rowi yang terkenal dalam kitab al-muwatho milik imam Malik.
  21. Syumu’ adz-dzikroyat wa anin ad-dumu’ yaitu koleksi sya’ir tentang cinta, rayuan dan suara hati. Kitab ini belum sempat dicetak.
  22. Fii maukib ad-da’wah aalam wa aamal yaitu koleksi sya’ir tentang semangat dan masalah-masalah umat Islam masa kini.
  23. Al-hadhoroh al-islamiyah merupakan pembahasan tentang peradaban Islam, kedudukan yang sudah dicapai dalam sejarah Islam yang panjang, serta pegaruhnya terhadap peadaban-peradaban masa kini.
Aktifitas Umum
  1. Ushul al-fiqh al-islamiy, merupakan program siaran yang disiarkan oleh radio Kuwait sebanyak 153 episode.
  2. I’jaz al-Quran, merupakan program siaran yang disiarkan oleh radio Kuwait sebanyak 83 episode.
  3. Ahkam ash-shiyam, merupakan program siaran yang disiarkan oleh radio Kuwait sebanyak 30 episode.
  4. Ad-din wa al-‘ilm wa al-hayat, merupakan program ilmiah dan siaran yang disiarkan oleh radio Kuwait sebanyak 30 episode.
  5. Seminar umum tentang fikih imam Syafi’i, berupa penjelasan kitab mughni al-muhtaj. Seminar seperti ini telah dilakukan syekh Hasan lebih dari 300 kali, semuanya terekam dalam kaset khusus.
  6. Seminar umum tentang kitab shoheh muslim, berisi penjelasan kitab shoheh muslim dengan penjelasan dari imam an-Nawawi, seminar ini telah dilakukan syekh lebih dari 300 kali, sebagian besar dari seminar-semenar ini terekam dalam kaset.
  7. Seminar umum tetang penjeasan kitab sunan at-tirmidzi
  8. Seminar umum tentang syarah kitab al-muwatho milik imam Malik bin Anas, Syekh telah berhenti dari seminar ini pada tahun 1429 H/2008 M.
Proyek hidup : Ensiklopedia fikih syafi’i dan fikih perbandingan.
Merupakan proyek ilmiah yang luas, yang syekh Hasan jadikan sebagai proyek hidupnya. Proyek ini telah dimulai pada tahun 1989, Syekh menamakan ensiklopedia ini dengan nama “asy-syamil” terdiri dari 160 jilid, syekh telah menyelesaikan ensiklopedia ini sampai pembahasan al-furu’ wa al-masail yang akan menacapai 140-600 halaman, sesuai rencana yang ditargetkan, insya Allah. Adapun sekarang syekh telah menyelesaikan sebanyak kira-kira 60 jilid, dimana setiap jilidnya mencapai 400 halaman.
Pembahasan ensiklopedia tersebut seperti berikut :
  1. Menyebutkan suatu masalah dalam fikih asy-syafi’i, serta menyebutkan segala sesuatu yang berhubungan dengan masalah itu, baik itu furu’, kaidah-kaidah atau dhowabith ushuliyah, kemudian menjelaskan pendapat yang rojih/kuat dalam madzhab dengan menyebutkan seluruh pernyataan ashab syafi’i terkait masalah tersebut.
  2. Menyebutkan dalil-dalil madzhab serta diskusi-diskusinya dalam semua sisi.
  3. Menyebutkan nash-nash imam Syafi’i dalam masalah tersebut, yang berasal dari kitab al-umm dan selainnya dari kitab-kitab imam Syafi’i.
  4. Menyebutkan madzhab-madzhab lain dalam masalah tersebut, beserta dalil-dalil dan diskusi-diskusinya, kemudian memberi penjelasan dan jawaban-jawaban ashab syafi’i atas hal tersebut.
  5. Sanggahan terhadap masalah-masalah kontemporer yang sebelumnya belum pernah dibahas oleh para fuqoha, atau memang sudah ada pandangan akan hal itu berdasarkan informasi-informasi dimasanya, yang betentangan dengan sains modern yang kebenarannya sudah pasti maupun dhonni, serta bagaimana sikap diantara dua hal tersebut.
  6. Sanggahan terhadap fatwa-fatwa kontemporer yang sesat, serta menjelaskan kesalahan-kesalahannya.
Susunan ensiklopedia ini beserta pembahasan-pembahasannya sebagai berikut :
  1. Jilid 1 : Muqodimah ensiklopedia
  2. Jilid 2 : Ensiklopedia thoharoh (tentang air dan apa yang terjadi pada air)
  3. Jilid 3 : Ensiklopedia thoharoh (tentang najis dan menghilangkannya)
  4. Jilid 4 : Ensiklopedia thoharoh (tentang ijtihad dalam masalah air, kulit dan cara mensucikannya)
  5. Jilid 5 : Ensiklopedia thoharoh (tentang siwak dan jenis-jenis fitroh)
  6. Jilid 6 : Ensiklopedia thoharoh (tentang mengusap khufain sampai pembatal-pembatal wudhu)
  7. Jilid 7 : Ensiklopedia thoharoh (tentang mandi)
  8. Jilid 8 : Ensiklopedia thoharoh (tentang tayamum)
  9. Jilid 9 : Ensiklopedia thoharoh (tentang haidh dan nifas)
  10. Jilid 10 : Ensiklopedia sholat (tentang syarat wajib dan waktu-waktu sholat)
  11. Jilid 11 : Ensiklopedia sholat (tentang adzan dan iqomah)
  12. Jilid 12 : Ensiklopedia sholat (tentang syarat sah sholat)
  13. Jilid 13 : Ensiklopedia sholat (tentang rukun sholat dari 1-8)
  14. Jilid 14 : Ensiklopedia sholat (tentang rukun sholat dari 9 sampai terakhir)
  15. Jilid 15 : Ensiklopedia sholat ( tentang berbagai sujud dalam sholat)
  16. Jilid 16 : Ensiklopedia sholat (tentang pembatal sholat dan hal-hal makruh dalam sholat)
  17. Jilid 17 : Ensiklopedia sholat (tentang adab-adab sholat)
  18. Jilid 18 : Ensiklopedia sholat (tentang sholat taraweh)
  19. Jilid 19 : Ensiklopedia sholat (tentang sholat jama’ah)
  20. Jilid 20 : Ensiklopedia sholat (tentang syarat-syarat iqtida dan adab-adabnya)
  21. Jilid 21 : Ensiklopedia sholat (tentang qoshor dan jama’)
  22. Jilid 22 : Ensiklopedia sholat (tentang sholat jum’at)
  23. Jilid 23 : Ensiklopedia sholat (tentang sholatnya orang sakit, orang takut serta pakaian yang diperbolehkan dalam sholat)
  24. Jilid 24 : Ensiklopedia sholat (tentang sholat ‘id, sholat kusuf dan sholat istisqo)
  25. Jilid 25 : Ensiklopedia sholat (tentang hukum-hukum jenazah)
  26. Jilid 26 : Ensiklopedia sholat (tentang sholat mayit)
  27. Jilid 27 : Ensiklopedia zakat (tentang orang yang wajib zakat dan zakat hewan ternak)
  28. Jilid 28 : Ensiklopedia zakat (tentang zakat ma’syirot dan taqdin)
  29. Jilid 29 : Ensiklopedia zakat (tentang zakat perniagaan, barang tambang dan harta karun)
  30. Jilid 30 : Ensiklopedia zakat (tentang tatacara melaksanakan zakat)
  31. Jilid 31 : Ensiklopedia zakat (tentang pembagian zakat)
  32. Jilid 32 : Ensiklopedia puasa (tentang rukun-rukun dan syarat-syarat puasa)
  33. Jilid 33 : Ensiklopedia puasa (tentang sunah-sunah puasa, hal-hal makruh dalam puasa dan puasa sunah)
  34. Jilid 34 : Ensiklopedia puasa (tentang i’tikaf)
  35. Jilid 35 : Ensiklopedia haji (tentang syarat wajib haji, dan waktu-waktu haji)
  36. Jilid 36 : Ensiklopedia haji (tentang ihrom dan thowaf)
  37. Jilid 37 : Ensiklopedia haji (tentang wuquf di ‘arofah, muzdalifah dan mina, serta dam dalam haji)
  38. Jilid 38 : Ensiklopedia haji (tentang hal-hal yang diharamkan ketika ihrom)
  39. Jilid 39 : Ensiklopedia haji (tentang hal-hal yang mencegah haji dan macam-macam dam)
  40. Jilid 40 : Ensiklopedia makanan (tentang kurban dan aqiqah)
  41. Jilid 41 : Ensiklopedia makanan (tentang hewan buruan dan sembelihan)
  42. Jilid 42 : Ensiklopedia makanan (tentang apa saja yang boleh dan tidak boleh dimakan)
  43. Jilid 43 : Ensiklopedia muamalah (tentang rukun jual beli dan syarat-syaratnya)
  44. Jilid 44 : Ensiklopedia muamalah (tentang riba)
  45. Jilid 45 : Ensiklopedia muamalah (tentang jual beli yang terlarang)
  46. Jilid 46 : Ensiklopedia muamalah (tentang jenis-jenis khuyar dalam jual beli dan hukum-hukumnya)
  47. Jilid 47 : Ensiklopedia muamalah (tentang hukum barang dalam jual beli sebelum diterima)
  48. Jilid 48 : Ensiklopedia muamalah (tentang hukum budak dan muamalah dengan mereka ketika perbudakan masih ada, {hukum-hukum budak menjadi kaidah tertulis untuk diqiyaskan dengan apa-apa yang semakna dengan budak dalam muamalah} dan perjanjian ketika membatalkan transaksi)
  49. Jilid 49 : Ensiklopedia muamalah (tentang jual beli salam dan qorodh)
  50. Jilid 50 : Ensiklopedia muamalah (tentang rohn/gadai)
  51. Jilid 51 : Ensiklopedia muamalah (tentang at-taflis dan al-hajr)
  52. Jilid 52 : Ensiklopedia muamalah (tentang ash-shulhu dan al-hiwalah)
  53. Jilid 53 : Ensiklopedia muamalah (tentang adh-dhoman/jaminan)
  54. Jilid 54 : Ensiklopedia muamalah (tentang adh-dhoman, al-kafalah dan asy-syirkah)
Penulisan ensiklopedia ini masih berlanjut sampai datangnya ajal atau sampai selesainya proyek ini, wa lillahi al-muwafaq. Di samping itu ada dua hal yang berkaitan dengan penulisan ensiklopedia ini, kedua hal tersebut adalah : Biografi para ulama yang diambil pernyataannya dalam ensiklopedia, mereka adalah :
  1. Jilid 1 : Biografi-biografi fuqoha syafi’iyah yang disebutkan dalam ensiklopedia dari mulai imam Syafi’i sampai ulama yang hidup pada tahun 599 H
  2. Jilid 2 : Biografi-biografi fuqoha syafi’iyah dari tahun 600 H sampai sekarang
  3. Jilid 3 : Biografi-biografi para imam mujtahid dari madzhab lain beserta pengikutnya yang telah selesai periwayatan dari mereka dalam ensiklopedia.
  4. Jilid 4-6 : Daftar isi umum, beserta daftar isi untuk tema-tema penting dalam ensiklopedia
Ringkasan ensiklopedia : yaitu ringkasan fatwa-fatwa menurut pendapat yang rojih/kuat dalam madzhab Syafi’iyah, adapun susunannya adalah sebagai berikut :
  1. Juz 1 : thoharoh (tentang air, najis dan cara menghilangkannya, ijtihad dalam masalah air)
  2. Juz 2 : siwak dan jenis-jenis fithroh
  3. Juz 3 : mengusap dua khuf dan pembatal wudhu
  4. Juz 4 : mandi dan tayamum
  5. Juz 5 : haidh dan nifas
  6. Juz 6 : syarat jib sholat
  7. Juz 7 : adzan, iqomat dan syarat sah sholat

sumber: RFI

Comments

Popular posts from this blog

Syeikh Mahir Almunajid ( Sahibul Qiraat Asyrah)

MAMA GENTUR